Daniel Pedrosa
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daniel "Dani" Pedrosa Ramal (lahir di
Sabadell,
Spanyol,
29 September 1985; umur 26 tahun) adalah salah seorang pembalap MotoGP. Ia mulai debut balap grandprix motor pada tahun 2001 di kelas
GP 125 cc
bersama tim Telefonica movistar Honda JR, dan meraih posisi ke 8
klasemen akhir. Tahun 2002 ia membalap di tim yang sama dan meraih juara
3 dunia GP 125 cc. Di musim balap 2003 bersama tim
Telefonica movistar Honda JR,
ia merebut juara dunia GP 125cc dengan poin 223. Pada tahun 2004 ia
pindah ke kelas 250 cc dan bergabung dengan tim telefonica movistar
Honda 250, dan langsung merebut juara dunia GP 250cc. Tahun 2005 ia
kembali mendominasi balapan dan mempertahankan gelar juara dunia GP 250
cc. Di musim balap 2006 ia naik ke kelas
MotoGP dan membalap untuk tim
Repsol Honda, bersama pembalap Amerika
Nicky Hayden sampai musim 2008 dan
Andrea Dovizioso pada musim 2009. Dan tahun 2012, ia akan bersama
Casey Stoner di tim.
Karier awal
Balapan junior
Pedrosa mulai mengendarai sepeda di awal usia empat tahun,ketika ia
mendapat sepeda motor pertama nya, Italjet 50.Sepeda balap pertamanya
adalah replika sepeda mini Kawasaki,yang ia punya di usia enam tahun dan
digunakan untuk balapan dengan teman-temannya.Pedrosa berlomba
dibalapan yang sesungguhnya pada usia 9 tahun, ketika ia memasuki
Kejuaraan sepeda motor mini Spanyol dan mengakhiri musim debutnya di
tempat kedua, mencetak podium pertama di balapan kedua musim itu. Tahun
berikutnya, Pedrosa memasuki kejuaraan yang sama, tapi masalah kesehatan
menghambat dia untuk terus berkompetisi dan dia mengakhiri musim di
posisi ke 3.
125cc
Pada tahun 2001,Pedrosa membuat debutnya di kejuaraan dunia kelas
125cc setelah terpilih dari Movistar Activa Cup, serangkaian rancangan
untuk mempromosikan bakat balap segar di Spanyol, kembali pada tahun
1999. Di bawah bimbingan Alberto Puig, Pedrosa mencetak dua kali naik
podium di musim pertama dan memenangkan balapan pertamanya pada tahun
berikutnya, dan selesai di posisi ketiga dalam kejuaraan. Pada tahun
2003, ia memenangkan lima balapan dan memenangkan kejuaraan dengan dua
putaran tersisa, mengumpulkan 223 poin.Pedrosa mencetak lima kemenangan
dan enam podium. Seminggu setelah memenangkan kejuaraan,pada usia
delapan belas tahun Pedrosa mematahkan kedua pergelangan kakinya dalam
kecelakaan selama latihan di Phillip Island (Australia)
250cc
Setelah memenangkan kejuaraan 125cc, Pedrosa pindah ke kelas 250cc
pada tahun 2004 tanpa proper test pada sepeda baru karena pergelangan
kakinya masih dalam proses penyembuhan selama musim-off. Menghadapi
musim dengan persiapan kurang, Pedrosa memenangkan lomba pertama di
Afrika Selatan untuk merebut gelar Kejuaraan Dunia 250cc, termasuk satu
penghargaan rookie tahun. Dalam musim pertamanya di kelas 250cc, Pedrosa
mencetak 7 kemenangan dan 13 podium. Pedrosa memutuskan untuk tinggal
selama satu musim lebih banyak di kelas 250cc, dan dia memenangkan gelar
lain, sekali lagi dengan dua balapan tersisa di kejuaraan. Pada tahun
2005, Pedrosa memenangkan 8 balapan dan mencetak 14 finish podium,
meskipun dia menderita cedera bahu dalam sesi latihan di Grand Prix
Jepang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar